TIM PHP2D FST: Sosialisasi dan Praktik Pembuatan Silase di Kampung Klasmelek 👁️️ 593

By Operator Website Rabu, 09 September 2020 | 10:00 am Berita

TIM PHP2D FST: Sosialisasi dan Praktik Pembuatan Silase di Kampung Klasmelek

Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) melakukan Sosialisasi dan Praktik pembuatan Silase pada Selasa 8 September 2020. Sosialisasi pembuatan Silase oleh dosen Fakultas Saintek Unimuda Sorong, Bapak Achmad Guntur, M.Sc dan diikuti oleh warga/kelompok peternak Kampung Klasmelek.

Silase adalah pakan ternak hasil fermentasi yang dibuat melalui digesti anaerobik. Silase dapat dibuat dari jerami, rumput gajah ataupun kolonjono. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Silase sebagai berikut ; 15kg rumput gajah dan kolonjono yang sudah dijemur/dikeringkan, gula merah sebanyak 1kg yang sudah dicairkan dengan air 1 Liter, dedak 1kg, gula pasir 1 sendok makan, dan EM4 sebanyak 1 tutup botol yang dicampur dengan air 1 Liter. Semua bahan dicampurkan sampai merata lalu disimpan kedalam Silo (wadah dapat berupa ember atau bak)  dan ditutup dengan rapat jangan sampai ada udara/oksigen yang masuk ke dalam silo karena akan mengganggu proses fermentasi silase tersebut. Selanjutnya Silase didiamkan selama 3 minggu sampai siap digunakan untuk pakan ternak.

Sosialisasi ini mendapat respon baik dari para warga/kelompok peternak Kampung Klasmelek, seperti yang disampaikan Bapak Suyitno ; “Kami mengucapkan terima kasih kepada tim PHP2D Unimuda yang sudah melakukan kegiatan pembuatan Silase, mudah-mudahan ke depan bisa berkembang dan bermanfaat bagi warga Kampung Klasmelek”. (Lydia Putri.P)

By Operator Website Rabu, 09 September 2020 | 10:00 am