3 TIM PKM-RE PRODI FARMASI FAKULTAS SAINS TERAPAN LOLOS PENDANAAN 👁️️ 331

By Operator Website Sabtu, 17 Juni 2023 | 18:37 pm Berita

3 TIM PKM-RE PRODI FARMASI FAKULTAS SAINS TERAPAN LOLOS PENDANAAN

Sorong, 17 Juni 2023 - Prestasi gemilang diraih oleh Prodi Farmasi Fakultas Sains Terapan  Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE). 3 Tim PKM-RE yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa berbakat telah berhasil melaju ke tahap selanjutnya dalam kompetisi bergengsi ini. Dalam sebuah pengumuman resmi yang dilakukan oleh panitia PKM-RE, Prodi Farmasi Fakultas Sains Terapan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dinyatakan sebagai tim yang lolos dalam pendanaan tersebut. Kelolosan mereka menunjukkan dedikasi dan keahlian yang luar biasa dalam menjalankan penelitian dan inovasi di bidang farmasi. PKM-RE merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong para mahasiswa untuk berinovasi dan mengembangkan penelitian di bidang ilmu eksakta. PKM-RE juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menghasilkan solusi kreatif terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

3 Tim PKM-RE Prodi Farmasi Fakultas Sains Terapan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong berhasil menarik perhatian juri dengan proyek penelitian mereka yang berjudul :

  1. Efektifitas E-Liquid Daun Bungkus (Smilax Rotundifolia) Terhadap Nyamuk Anopheles Penyebab Malaria;
  2. Pengaruh Sediaan Gel Ekstrak Kulit Batang Matoa ( Pometia Pinata) Terhadap Memar Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus);
  3. Uji Efek Anti-inflmasi Ekstrak Salep Sarang Semut ( Myrmecodia Pendens) Terhadap Luka Bakar Pada Punggung Tikus Putih (Rattus Novercigus).

Pada 3 Tim PKM-RE yang lolos ini dibimbing oleh 2 Dosen Farmasi, Tim 1 dan Tim 2 dibimbing oleh Bapak A.M. Muslihin, S.Farm., M.Si. Tim 1 diketuai oleh Eka Savira Ni’ma Arfiani dengan anggota 4 orang yakni Fajar Maulana, La Ode Hardiansyah, Levina Virginia, Windi Nur Fardilla dan Tim 2 diketuai oleh Mahmud Sulthon Kz. Dengan anggota 4 orang yakni Darmayanti Tumpu, Dzaki Wirawan Adha, Anggraini Palino, Salsabila Damayanti. Serta Tim 3 dibimbing oleh  Bapak Angga Bayu Budiyanto, M.Farm. Tim 3 ini diketuai oleh Indah Amelia Rizky dengan 4 anggota yakni Fajar Maulana, Hesti Aisyah, Anggraini Palino, Miftahul Jannah,

 

Dengan kelolosan pendanaan pada PKM-RE, tim PKM-RE Prodi Farmasi Fakultas Sains Terapan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan universitas-universitas terkemuka di Indonesia. semoga ini dapat memberikan semangat baru untuk teman-teman seperjuangan mereka untuk dapat lebih berinovasi lagi dan lagi. (IR)

By Operator Website Sabtu, 17 Juni 2023 | 18:37 pm